teks

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blogger Saya, Biarlah Dapat Memberkati Anda di-Masadepan " Tuhan Yesus Memberkati Semua"

Jumat, 17 Mei 2013

Cara Menentukan / Menghitung Massa Atom Relatif Unsur


Rumus Kimia, Atom - Jika Anda mengamati tabel periodik, Anda dapat mengetahui informasi mengenai massa atom relatif suatu unsur. Tahukah Anda, bagaimana cara menentukan massa atom relatif unsur-unsur tersebut? Atom memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak mungkin untuk menimbang massanya secara langsung. Sampai saat ini, belum ada timbangan yang dapat mengukurnya. Pada awalnya, massa atom relatif dibandingkan terhadap atom hidrogen. Akan tetapi, pada 1961 IUPAC (International Union for Pure and Applied Chemistry) telah menentukan standar baru dalam penentuan massa atom relatif, yaitu atom karbon-12. Satuan massa atom suatu unsur ditentukan dengan cara membandingkannya dengan 1/12 massa atom karbon dengan nomor massa = 12 (126C).
Satuan untuk massa relatif unsur adalah sma (satuan massa atom)

1 sma = 1/12 × massa atom 126C

Massa satu atom 126C = 1,993 × 10–23 g. Jadi, 1 sma = 1/12 × 1,993 × 10–23 = 1,66 × 10–24 g.

Massa atom suatu unsur yang dibandingkan dengan 1/12 massa atom 126merupakan massa atom rata-rata dari isotop-isotop yang dimiliki unsur tersebut. Mengapa demikian? Anda telah mengetahui yang dimaksud dengan isotop. Informasi mengenai adanya isotop inilah yang dijadikan acuan oleh para ilmuwan untuk menentukan massa atom relatif. Oleh karena suatu unsur dapat tersusun atas beberapa atom yang memiliki nomor massa yang sama, maka massa unsur ditentukan dengan cara mengambil rata-rata dari massa atom setiap isotop.

Massa atom rata-rata = (% kelimpahan isotop A × massa isotop A + % kelimpahan isotop B × massa isotop B) dibagi massa isotop A + massa isotop B


Anda sekarang sudah mengetahui Cara Menentukan Massa Atom Relatif Unsur. Terima kasih anda sudah berkunjung

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar