RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 1. Memahami tek dan cerita anak yang
dibacakan
Waktu : 2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A.
Kompetensi Dasar
1.1 Menulis hal-hal penting/ pokok dari
suatu Teks yang dibacakan/didengarkan
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan pembacaan teks
§ Siswa dapat Melengkapi pernyataan yang sesuai dengan teks
§ Siswa dapat Menentukan hal-hal penting
dari teks yang didengarkan
§ Siswa dapat Meringkas teks yang
didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C.
Materi Pokok
§ Teks Bacaan
D.
Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang teks bacaan yang akan
didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mendengarkan
pembacaan teks
F
Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menentukan
hal-hal penting dari teks yang didengarkan
F
Meringkas
teks yang didengarkan
F
Menceritakan kembali isi teks yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Membaca
buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode :
Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi
metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa
dapat mendengarkan pembacaan teks
·
Siswa
dapat melengkapi pernyataan yang sesuai
dengan teks
·
Siswa
dapat menentukan hal-hal penting dari
teks yang didengarkan
·
Siswa
dapat meringkas teks yang didengarkan
berdasar-kan hal-hal penting/ pokok
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
·
Lengkapi-lah pernyataan yang sesuai dengan teks!
·
Ringkaslah
teks yang didengar-kan berdasar-kan
hal-hal penting / pokok!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Standar Kompetansi :1. Mendengarkan
Memahami
tek dan cerita anak yang dibacakan
Waktu :
2 X 35 menit
MENDENGARKAN
A. Kompetensi Dasar
1.2 Mengidentifikasi tokoh,watak,latar,tema
,amanat,dari cerita anak yang dibacakan.
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Mendengarkan cerita anak
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan sesua
dengan cerita yang didengar
§ Siswa dapat Menentukan tokoh dan sifat tokoh cerita
§ Siswa dapat Menentukan latar cerita
§ Siswa dapat Menceritakan kembali cerita yang didengar
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Cerita anak
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang cerita anak yang pernah dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Mendengarkan
cerita anak
F
Menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita yang
didengar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menentukan
tokoh dan sifat tokoh cerita
F
Menentukan
latar cerita
F
Menceritakan kembali cerita yang didengar
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Membaca
buku cerita anak
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku
Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum 2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa
dapat mendengarkan cerita anak
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan
sesuai dengan cerita yang didengar
·
Siswa
dapat menentukan tokoh dan sifat tokoh
cerita
·
Siswa
dapat menentukan latar cerita
·
Siswa
dapat menceritakan kembali cerita yang didengar
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Uraian
|
·
Jawablah pertanyaan sesuai dengan cerita
yang didengar!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 2. Memberikan informasi
dan tanggapan secara lisan
Waktu :
2 X 35 menit
BERBICARA
A. Kompetensi Dasar
2.1 Menyam-paikan
pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media dengan bahasa yang
runtut,baik dan benar
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa
dapat memahami berbagai jenis iklan
§ Siswa dapat menyampaikan isi iklan secara
lisan
§ Siswa dapat mencari iklan di surat kabar
kemudian menyampaikan isinya
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Iklan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang iklan yang pernah
dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami
aneka jenis iklan
F
Menyampaikan isi iklan secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mencari iklan dari surat kabar kemudian
menyampaikan isinya
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Menyusun iklan
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode
: Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa
dapat memahami berbagai jenis iklan
·
Siswa
dapat menyampaikan isi iklan secara lisan
·
Siswa
dapat mencari iklan di surat kabar kemudian menyampaikan isinya
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
·
Carilah iklan di surat kabar kemudian menyampaikan
isinya!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 2. Memberikan informasi dan tanggapan secara
lisan
Waktu : 2 X 35 menit
BERBICARA
A. Kompetensi Dasar
2.2 Menanggapi ( memuji, mengkritik)
sesuatu hal disertai alas an yang jelas
dengan menggunakan bahasa yang santun
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan
bersama teman
§ Siswa dapat Membuat kalimat
pujian
§ Siswa dapat Membuat percakapan
sederhana dengan menggunakan kalimat
pujian
§ Siswa dapat Memperagakan percakapan
yang telah dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Kalimat pujian
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang kalimat pujian yang pernah diucapkan atau didengarnya
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menyampaikan
informasi penting secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memperagakan
wawancara bersama teman
F
Menycatat informasi penting dalam wawancara
tersebut
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Menyusun kalimat pujian
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode
: Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa
dapat memperagakan perca-kapan bersama teman
·
Siswa
dapat membuat kalimat pujian
·
Siswa
dapat membuat percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat pujian
·
Siswa
dapat memperagakan percakapan yang
telah dibuat
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
·
Buatlah
beberapa kalimat pujian !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Pelajaran : V
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan membaca intensif dan
membaca sekilas
Waktu : 2 X 35 menit
MEMBACA
A. Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskrifsikan isi dan teknik penyajian suatu
laporan hasil pengamatan/kunjungan
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca laporan hasil
pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan
tersebut
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan
isi laporan pengamatan
§ Siswa dapat Menyusun laporan kegiatan
sesuai kerangka
§ Siswa dapat Melaporkan hasil pengamatan di
depan kelas
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Laporan hasil pengamatan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang tek bacaan laporan pengamatan yang akan dibaca
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
kembali isi laporan hasil pengamatan dengan bahasa sendiri
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membaca
laporan hasil pengamatan
F
Membahas isi laporan hasil pengamatan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Membaca laporan hasil pengamatan yang relepan
kemudian mencatat isinya
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode
: Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa
dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka
yang terdapat dalam teks laporan tersebut
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan
·
Siswa
dapat menyusun laporan kegiatan sesuai kerangka
·
Siswa
dapat melaporkan hasil pengama-tan di depan kelas
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
·
Jawablah
pertanyaan berdasarkan isi laporan pengama-tan !
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 3. Memahami teks dengan
membaca intensif dan membaca sekilas
Waktu :
2 X 35 menit
MEMBACA
A.
.Kompetensi Dasar
3.2 Menanggapi informasi kelompok/rubric khusus (
majalahanak,Koran dll )
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca intensif teks bacaan
§ Siswa dapat Menyatakan pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
§ Siswa dapat Mencatat informasi-informasi
penting dari bacaan
§ Siswa dapat Menanggapi isi bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C.
Materi Pokok
§ Teks Bacaan
D.
Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang tek bacaan yang akan dibaca atau didengar
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
intensif teks bacaan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menentukan
pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan
F
Mencatat
informasi penting dari bacaan
F
Menanggapi
isi bacaan
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Membaca
teks bacaan lain / buku bacaan yang relepan
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa
membaca intensif teks bacaan
·
Siswa
menyatakan pernyataan yang sesuai
dengan isi bacaan
·
Siswa
mencatat informasi- informasi penting dari bacaan
·
Siswa
menanggapi isi bacaan
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
· Buatlah pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan !
·
Buatlah
catatan informasi- informasi penting dari bacaan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35
menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.1.Mengisi formulir ( pendaftaran , kartu anggota, wesel
pos,kartu pos,daftar riwayat hidup dll ) dengan benar
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami penulisan wesel pos
§ Siswa dapat Mengisi wesel pos berdasarkan
keterangan yang sudah ditentukan
§ Siswa dapat Memahami kalimat anjuran
§ Siswa dapat Memilih kalimat anjuran yang tepat
§ Siswa dapat Membuat kalimat anjuran
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Wesel pos
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami cara penulisan wesel pos
F
Memahami kalimat anjuran yang tepat
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Mengisi
wesel pos berdasrkan keterangan yang sudah ditentukan
F
Membuat kalimat anjuran
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Mengisi
blanko wesel pos dan mengirimkannya ke alamat teman,saudara ,atau orang
tua
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode
: Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa
dapat memahami penulisan wesel pos
· Siswa
dapat mengisi wesel pos berdasar-kan
keterangan yang sudah ditentukan
· Siswa
dapat memahami kalimat anjuran
· Siswa
dapat memilih kalimat anjuran yang
tepat
· Siswa
dapat membuat kalimat anjuran
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
· Isilah wesel pos
berdasar-kan keterangan yang sudah ditentukan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35
menit
MENULIS
A.
Kompetensi Dasar
4.2. Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau didengar
B.
Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Membaca cerita pendek
§ Siswa dapat Menjawab pertanyaan berdasarkan cerita yang dibaca
§ Siswa dapat Menentukan urutan peristiwa
cerita pendek
§ Siswa dapat Meringkas cerita yang dibaca berdasarkan urutan peristiwa
§ Siswa dapat Mengidentifikasi kata-kata
bersinonim yang terdapat dalam teks
bacaan
§ Siswa dapat Mencari antonym kata yang terdapat dalam bacaan
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C.
Materi Pokok
§ Teks Cerita pendek
D.
Pengalaman Belajar
Apersepsi
dan Motivasi :
§ Kegiatan Awal :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang teks cerita pendek yang akan dibacakan
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Membaca
cerita pendek
F
Menjawab pertanyaan berdasrkan cerita pendek yang dibaca
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Menentukan
urutan peristiwa cerita pendek
F
Meringkas
cerita pendek yang dibaca
F
Mengidentifikasi
kata-kata bersinonim yang terdapat dalam ceriota yang dibaca
F
Mencari antonym kata-kata yang terdapat
dalam cerita yang dibaca
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Membaca
cerita pendek yang lain dan meringkas isi ceritanya
F
Menentukan antonym dan sinonim kata yang ada dalam
cerita pendek yang dibaca
E.
Metode/Sumber Belajar:
§ Metode :
Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi
metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa
dapat membaca cerita pendek
· Siswa
dapat menjawab pertanyaan berdasar-kan cerita
yang dibaca
· Siswa
dapat menentukan urutan peristiwa cerita pendek
· Siswa
dapat meringkas cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa
· Siswa
dapat mengidentifikasi kata-kata bersinonim yang terdapat dalam teks bacaan
· Siswa
dapat mencari antonym kata yang
terdapat dalam bacaan
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
· Jawablah
pertanyaan berdasar-kan cerita yang di baca!
·
Buatlah
ringkasan cerita yang dibaca berdasar-kan urutan peristiwa!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4. Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35
menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.3 Menyusun percakapan tentang berbagai
topic dengan memperhatikan penggunaan
ejaan yang baik dan benar Tanda titik
dua ( : )
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa
dapat Memahami penggunaan tanda titik dua (:) dalam teks percakapan
§ Siswa
dapat Memperagakan teks percakapan
§ Siswa
dapat Mencatat informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
§ Siswa
dapat Melengkapi teks percakapan yang belum selesai
§ Siswa
dapat Memperagakan teks percakapan
yang dibuat sendiri
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Teks Percakapan
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang tek percakapan yang
akan dibaca atau didengarkan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami
penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memperagakan
teks percakapan
F
Mencatat
informasi penting yang terdapat dalam teks percakapan
F
Melengkapi
teks percakapan yang belum selesai
F
Memperagakan teks percakapan yang dibuat sendiri
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Menyusun percakapan dan memperagakannya di depan
kelas
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya
jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
·
Siswa
memahami penggunaan tanda titik dua ( : ) dalam teks percakapan
·
Siswa
memperagakan teks percakapan
·
Siswa
mencatat informasi penting yang
terdapat dalam teks percakapan
·
Siswa
melengkapi teks percakapan yang belum
selesai
·
Siswa
memperagakan percakapan yang dibuat sendiri
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
·
Buatlah
catatan informasi penting yang
terdapat dalam teks percaka-pan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Smester : 6/ Pertama
Standar Kompetansi : 4.
Mengungkapkan pikiran,perasaan,dan informasi secara tertulis dalam bentuk
formulir,ringkasan,dialog dan parafrase
Waktu : 4 X 35
menit
MENULIS
A. Kompetensi Dasar
4.4 Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan
tetap memperhatikan makna puisi
B. Tujuan Pembelajaran**
§ Siswa dapat Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
§ Siswa dapat Membaca puisi dengan penghayatan yang baik
§ Siswa dapat Mempara frasekan puisi
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility
) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
C. Materi Pokok
§ Puisi
D. Pengalaman Belajar
§ Kegiatan Awal :
Apersepsi
dan Motivasi :
-
Tanya
jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
-
Mengajukan
pertanyaan tentang puisi yang akan dibacakan
§ Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Memahami cara mengubah puisi menjadi prosa
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Membaca
puisi dengan penghayatan yang baik
F
Memparafrasekan
puisi
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Tanya
jawab,diskusi,penugasan
F
Memparafrasekan puisi lain dan membacakan
hasilnya di depan kelas
E. Metode/Sumber Belajar:
§ Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode
§ Sumber Belajar : Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A Kurikulum
2006 KTSP
F. Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Siswa
dapat memahami cara mengubah puisi
menjadi prosa
· Siswa
dapat membaca puisi dengan penghayatan yang baik
· Siswa
dapat memparafrasekan puisi
|
Lisan
Tertulis
Penugasan
|
Lembar
penilaian
Produk
|
· Jelaskan
cara mengubah puisi menjadi prosa!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia.
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
sumber :Guru penguang Bangsa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar